Minggu, 02 Februari 2020

Sekilas Secercah Cahaya Pena (SCP)

SEKILAS SECERCAH CAHAYA PENA (SCP)

Pernahkah Anda mendengar nama "Secercah Cahaya Pena" atau disingkat SCP? Di bawah ini akan dijelaskan mengenai komunitas tersebut.

Secercah Cahaya Pena (SCP) merupakan komunitas menulis yang menjadi wadah untuk belajar tentang sastra, menulis maupun literasi. SCP berbasis online. Komunitas menulis ini didirikan pada 20 Januari 2020 oleh Faridz, Husna, Fransisca Chen, dan Dhana. Fransisca adalah istri dari Faridz. Awalnya pasangan ini membentuk grup  kepenulisan dengan nama Secercah Cahaya pena yang Fransisca ambil dari nama panggilan sayang dari suami. Banyak makna dari panggilan tersebut.

Secercah Cahaya Pena sendiri artinya menerangi kegelapan para penulis pemula yang tidak mengerti apa-apa menjadi luar biasa. Harapannya, dapat membawa perubahan untuk banyak orang.

Seperti grup pada umumnya, SCP juga memiliki visi dan misi, sebagai berikut:

Visi:
Visi SCP dibagi menjadi tiga, antara lain:
1. Menjadi wadah tempat belajar tentang dunia kepenulisan dan sastra dari dasar ke inti;
2. Membangkitkan Kreativitas penulis, menyadarkan masyarakat akan pentingnya menulis, dan menjadikan komunitas SCP sebagai wadah berkumpulnya generasi penulis nasional untuk belajar dan berbagi ilmu, baik dari penulis tingkat pemula, amatir, sampai ke tingkat penulis profesional; dan
3. Menjadi komunitas unggul dan profesional yang mampu berperan aktif dalam membangun bangsa melalui proses pendidikan dan pengembangan kepenulisan.


Misi:
SCP memiliki misi di bawah ini:
1.Memperkuat dan mempererat jaringan kerja sama dan solidaritas antarpenulis untuk kebaikan bersama;
2. Mengembangkan kemampuan, kualitas, dan kapasitas penulis;
3. Membangun suasana kondusif dengan menghargai keberagaman, demokratis, dan bebas dari diskriminasi;
4. Menghasilkan karya penulisan yang berkualitas yang bermanfaat sekaligus mengembangkan minat baca masyarakat; dan
5. Menerbitkan karya dan bekerjasama dengan penerbit.

SCP juga memiliki agenda seperti grup kepenulisan pada umumnya. Ada materi, challenge, tugas, games literasi, seminar kepenulisan, dan masih banyak lagi.

Sekian tentang SCP. Mohon maaf jika ada kesalahan penulisan kata maupun yang lainnya. Terima kasih sudah membaca. (2/2/2020)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Belilah Khamr

Pada suatu hari ada dua orang yang berpakaian tertutup—hanya menampakkan area mata—datang ke sebuah rumah. Orang yang berbulu mata lentik me...