Senin, 21 Desember 2020

Masakan Makanan Tradisional dan Sederhana: Nasi Goreng Tempe ala Putri Mariamulia Utami

Sebelumnya, gue mau berterima kasih kepada pembuat art and story "JOYful Delight": Chairunnisa P. dan colour assistant-nya: Uschulla_ yang telah memberikan inspirasi untuk membuat makanan ini. Di bawah ini, ya, bukti gue terinspirasi. 

Gue: "Sama, aku juga pertama kali makan dan membuat masakan ini."


Bahan-bahan :

1. Nasi (bukan beras, apalagi gabah)

2. Tempe (gue pakai tempe yang dibungkus plastik. Kalo yang dibungkus daun, gue belum bisa memastikan rasanya. Semoga sama-sama sedap. Aminkan sekalian)

3. Minyak

4. Kecap 


5. Bumbu : bawang merah, bawang putih, garam, dan cabai


6. Boleh ditambah telur, kubis, seledri, loncang, wortel, dll (oleh karena tanpa telur sudah sedap, gue tidak pakai saja)


Peralatan dan Perlengkapan :

1. Wajan

2. Ulekan 

3. Telenan

4. Pisau

5. Spatula, bisa logam maupun kayu


Cara Mengerjakan Resep

1. Siapkan semua bahan. Pastikan tersedia, ya. 

2. Potong tempe kotak-kotak seukuran seperti saat membuat oseng tempe pedas. Kalo belum tahu, potong saja sesuai ukuran mulut

3. Goreng tempe sampai berubah warna kuning kecokelatan. Yang penting, tidak lembek dan tidak keras

4. Kupas bawang merah dan bawang putih. Cuci bersih keduanya dan cabai

5. Haluskan garam dan cabai. Ulek bawang merah dan bawang putih agak kasar

6. Panaskan tiga sdm minyak di wajan 

7. Tumis bumbu (no. 3). Setelah tercium harum dan berubah warna menjadi kekuningan, tuang nasi, lalu campur sampai rata

8. Masukkan tempe goreng dan aduk rata. Disusul dengan menuangkan kecap, lalu aduk kembali secara rata. Setelah itu, matikan kompor. Nasi Goreng Tempe siang dihidangkan


Rasanya? 


Gue : Kalo nggak dicoba, nggak tau. Tenang. Masakan ini sudah melewati ujian praktek, meskipun tidak dinilai oleh guru maupun juri. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Belilah Khamr

Pada suatu hari ada dua orang yang berpakaian tertutup—hanya menampakkan area mata—datang ke sebuah rumah. Orang yang berbulu mata lentik me...