Sabtu, 21 Maret 2020

Resep Makanan Tradisional: Sempuro dan Saranggesing dari Temanggung

RESEP MAKANAN TRADISIONAL: SEMPURO DAN SARANGGESING DARI TEMANGGUNG
Kalau biasanya saya menulis murni masakan saya, kali ini berbeda. Di bawah ini saya sampaikan resep membuat makanan tradisional, yaitu Sempuro dan Saranggesing. Sempuro dan Saranggesing berasal dari daerah Temanggung (bisa dilihat di peta). Resep ini saya kutip dari televisi "Jejak Anak Negeri". Simak baik-baik, ya? 

1. Sempuro
Pertama-tama, kita siapkan dulu bahan-bahan dan alat-alatnya. Bahan-bahannya, yaitu tepung beras, parutan kelapa, gula jawa, dan air. Sementara itu, alat-alatnya antara lain:
a. Wadah adonan
b. Panci untuk mengukus
c. Daun pisang
Kedua, satukan tepung beras dan parutan kelapa. Tambahkan sedikit air. Bungkus adonan ke daun pisang, jangan lupa diberi isian gula jawa yang telah dipotong-potong. Ketiga, kukus hingga matang. Sempuro, makanan tradisional dari Temanggung, siap dinikmati. 

2. Saranggesing
Pertama-tama, kita siapkan dulu bahan-bahan dan alat-alatnya. Bahan-bahannya, yaitu tepung gandum, pisang, air, dan pandan. Sementara itu, alat-alatnya antara lain:
a. Wadah adonan
b. Panci untuk mengukus
c. Daun pisang
Kedua, satukan tepung gandum dan air. Tambahkan potongan pisang. Bungkus adonan dengan daun pisang. Beri pandan di bagian atas adonan dalam bungkusan. Ketiga, kukus hingga matang. Saranggesing, makanan tradisional dari Temanggung, siap dinikmati. 

Terima kasih sudah membaca. Semoga bermanfaat. Mohon maaf jika ada kesalahan penulisan atau lainnya. Selamat mencoba. Tunggu resep-resep selanjutnya. Salam dari saya, Putri Mariamulia Utami, di Boyolali. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Belilah Khamr

Pada suatu hari ada dua orang yang berpakaian tertutup—hanya menampakkan area mata—datang ke sebuah rumah. Orang yang berbulu mata lentik me...